MENU

FLASH

Senin, 06 Oktober 2014

PROPOSAL PENGAJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK NEGERI MARGOMULYO
Alamat : Ds./Kec. Magomulyo  Telp. 0351-747955 Bojonegoro 62168
e-mail : smknmargomulyo@gmail.com  dan smknmargomulyo@yahoo.co.id















OLEH :
AGUNG WAHONO
QHAFIDZ BACHTIAR






I.                    PENDAHULUAN
               Kemajuan perkembangan Teknologi saat ini menuntut kita melakukan berbagai macam inovasi dan kreatifitas guna mampu bersaing dengan pasar asing, termasuk di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya perkembangan teknologi komputer ataupun multimedia. Kemajuan ini akan lebih banyak bermanfaat bila dapat digunakan oleh orang banyak, memang tidak dapat dipungkiri bahwa semakin banyak orang memiliki komputer maka besar juga tingkat perawatan atau perbaikan pada komputer, hal ini menjadikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan- perusahaan penyedia layanan perbaikan komputer ataupun penyedia jasa internet baik dalam skala kecil maupun besar, para “Master” dibidang inipun seolah berlomba-lomba dalam menyediakan pelayanan yang  memiliki keungulan dan memuaskan . Dan pada akhirnya Inovasi Teknologilah yang akan menjawab tuntutan zaman dan mendapat kepercayaan dari Customer.  
Kemajuan Teknologi memang tidak bisa dibendung, teknologi telah menjadi suatuhal yang “lumrah” dalam kehidupan sehari-hari, terutama pengunaan komputer yang semakin pesat mengikuti perkembangan zaman. Untuk dari itu kita memilih program keahlian Multimedia  untuk menciptakan peluang di dunia kerja.
  


II.                LATAR BELAKANG
Dalam rangka untuk mendekatkan kesesuaian antara mutu dan tamatan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang keahlian yang di butuhkan oleh lapangan kerja. Salah satu pihak yang ikut serta dalam menghasilkan tamatan dan mutu pendidikan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi serta berdisiplin ilmu adalah pihak DU/DI (dunia usaha / dunia industri).
Pelajaran praktek yang di dapatkan dari sekolah masih belum ada artinya jika para siswa tidak di bekali / diberikan praktek kerja lapangan seperti yang terjadi langsung di dunia usaha / dunia industri. Kegiatan belajar seperti ini masih belum cukup untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang professional dalam bidangnya, sehingga antara demand dan supply lapangan kerja akan terjadi ketidakseimbangan. Oleh karena itu perlu adanya suatu kegiatan belajar dalam bentuk lain, sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berbentuk praktek kerja industri. 
Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan wahana yang paling tepat bagi para siswa untuk mengetahui dan mempraktekkan secara langsung bagaimana proses produksi yang sedang berlangsung di sebuah industri, dan juga sebagai tahapan awal untuk beradaptasi sebelum nantinya para siswa bekerja setelah keluar dari sekolah. Dengan begitu, siswa di harapkan dapat meningkatkan kegiatan belajarnya di sekolah dengan berpijak bahwa kalau mereka nantinya bekeja di dunia usaha / dunia industri sudah betul-betul siap dan matang, sebab para siswa lebih dahulu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang situasi dan kondisi pada saat melaksanakan Praktek Kerja Industri.



III.             MAKSUD DAN TUJUAN
                  Praktek Kerja Industri tersebut dimaksudkan agar siswa dapat mengerti, memahami, dan mampu mengikuti proses yang diterapkan dalam suatu perusahaan. Diharapkan siswa dapat mencoba dan menerapkan apa yang telah didapatkan secara teori sehingga dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang akan dihadapi.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut :
1)     Untuk memperoleh gambaran nyata tentang penerapan atau implementasi dari ilmu atau teori yang selama ini diperoleh di sekolah dan membandingkannya dengan kondisi nyata yang ada di lapangan dan sekaligus menguji ilmu yang diperoleh tersebut.
2)     Untuk melakukan analisis mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan serta sistem yang berjalan di lapangan.
3)     Untuk melatih siswa berpikir secara praktis dan sistematis dalam menghadapi suatu persoalan dalam bidang komputer di lapangan yang sebenarnya.
4)     Menguji kemampuan pribadi dalam tata cara komunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam struktur keorganisasian perusahaan atau instansi terkait.
5)     Menguji kemampuan dan pengetahuan pribadi dalam tata cara hubungan masyarakat di lingkungan kerja dan organisasi.
6)     Menambah pelajaran dan pengalaman kerja yang belum diajarkan di sekolah.
IV.             BENTUK KEGIATAN
                 Bentuk kegiatan siswa dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) ini adalah :
1)     Pengenalan dasar terhadap Perusahaan, baik pengenalan bentuk perusahaan, susunan organisasi, dan objek lainnya dalam perusahaan.
2)     Siswa terlibat langsung dalam kegiatan perusahaan.
3)     Siswa terlibat langsung dalam membantu pekerjaan perusahaan dalam bidang–bidang khusus.
4)     Siswa diwajibkan untuk membuat Laporan Praktek Kerja Industri.


V.                PENEMPATAN
                  Perusahaan hendaknya menyediakan tempat bagi siswa yang berpedoman pada jenis Praktek Kerja Industri yang akan dilakukan oleh Siswa, Demikian pula dengan Siswa hendaknya menyesuaikan antara kemampuan dan keinginan dari perusahaan.
VI.             WAKTU DAN PELAKSANAAN
                   Waktu pelaksanaan Praktek Kerja Industri telah ditetapkan pelaksanaanya oleh sekolah, yakni selama 3 bulan, yang berlangsung mulai tanggal 01 Januari s/d  01 April 2015, namun waktu pelaksanaan tersebut dapat diubah sesuai dengan permintaan perusahaan dimana siswa tersebut Praktek, namun dengan asumsi pelaksanaan Praktek Kerja Industriminimal dilakukan siswa selama 3 bulan. Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan sehari-hari menyesuaikan kebijakan perusahaan.

      VII. MANFAAT
A.      BAGI PERUSAHAAN
1)     Perusahaan mendapat tenaga tambahan.
2)     Perusahaan Industri atau Jasa dapat memanfaatkan pengetahuan serta ketrampilan siswa.
3)     Perusahaan dapat meningkatkan Effisiensi, Produktivitas.

B.      BAGI SISWA
1)     Dapat mengerti lingkungan kerja secara nyata.
2)     Mendapatkan kesempatan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
3)     Mendapatkan ilmu yang baru berdasarkan aktivitas perusahaan.
4)     Memperoleh pengalaman tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga siswa nantinya akan memiliki profesionalitas yang tinggi dalam bekerja.
      
            VIII.     LAIN-LAIN
       a. Tata tertib waktu Prakerin di serahkan pada Dunia Usaha / Dunia Industri.
 b. Transport dan biaya hidup selama pelaksanaan Prakerin ditanggung sendiri oleh siswa.
             IX.          PESERTA
                       Peserta dalam praktek kerja ini merupakan siswa SMK NEGERI MARGOMULYO program keahlian Multimedia, yaitu  :

Nama               :   Agung Wahono
Tpt, tgl lahir      :   Bojonegoro, 14-01-1996
Alamat             :  Ds. Sumberjo, Kec. Margomulyo, Bojonegoro
Kelas               :   XI
No. Telp.         :   085708865870
Dan,
Nama               :   Qhafidz Bachtiar
Tpt, tgl lahir      :   Ngawi, 29-07-1998
Alamat             :  Ds. Gunung Sari, Kec. Kasreman, Ngawi
Kelas               :   XI
No. Telp.         :   085604451587

     X.        PENUTUP
             Demikian proposal permohonan praktek kerja industri ini kami susun, besar harapan kami untuk terkabulnya permohonan ini.Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan Rahmat dan petunjuk-Nya kepada kita semua. Atas perhatian dan kerja sama semua pihak yang terkait kami ucapkan terima kasih.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar